Minggu, 09 Agustus 2020

PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI

 CERITA PEMBELAJARAN MASA PANDEMI

August, 10, 2020


Pembelajaran daring dan luring sudah hampir berlangsung  kira -kira satu bulan lebih dalam tahun ajaran baru 2020/2021 di SMP Negeri 2 Sopai Toraja Utara,Sul-Sel berjalan dengan lancar.Semua guru dan siswa menjalani dan masing-masing menyesuaikan sesuai dengan akses yang bisa diikuti. Artinya bagi siswa yang dijangkau jaringan, dan mempunyai gadget boleh belajar daring,tetapi yang belum bisa dijangkau jaringan dan tidak mempunyai gadget boleh satu kali datang di sekolah dalam satu minggu untuk mengambil tugas-tugas untuk dikerjakan secara luring. 

Hari ini, tepatnya 10 Agustus 2020 sesuai kebijakan daerah Toraja Utara, lewat Dinas Pendidikan sudah menerapkan dengan pelan-pelan  proses tatap muka,bagi siswa SMA,SMK  dan SMP. Anak-anak di bagi 2 kelompok perkelas masing-masing datang tiga hari di sekolah. Jadi kalau jumlahnya 32 siswa maka yang datang di sesi pertama (Senin,Selasa,Rabu) sebayak 16 siswa.Yang selebihnya datang di tiga hari berikutnya.

Hari ini, siswa yang hadir merasa senang, betapa tidak karena selama ini mereka juga sudah bosan belajar di rumah. Sebenarnya ada kerinduan mereka untuk tetap belajar seperti biasa di sekolah.  

Jadi , hari ini mereka bak ayam yang selama ini dikurung dalam kurungan, sehingga pas dilepaskan maka hatinya senang. Mana lagi mereka sempat bertemu langsung dengan teman-temannya dan gurunya.


Mereka saling melepas rindu dengan teman dan gurunya sampai sampai mereka tidak sadar bahwa

komunikasi dan gerak kita masih   dibatasi. He...He.. Anak-anakku sadar ndak....kita boleh saling tegur tetapi jangan sampai berpelukan dan salaman ya????....Ingat Protokol kesehatan. Mereka baru sadar ...

eh..ternyata masih ada batasan di antara kita. Sosialisasi protokol kesehatan secara umum dan khususnya di area sekolah. Di area sekolah anak-anak harus memakai masker, mencuci tangan dengan pakai sabun, pada air yang mengalir serta ada test suhu tubuh dengan menggunakan thermogun, serta perlengkapan lain yang di sediakan sekolah.

Proses tatap muka per mata pelajaran maksimal 30 menit. Hari ini pula siswa diberikan surat pernyataan untuk disampaikan kepada orang tua/wali tentang persetujuan apakah setuju belajar di sekolah atau mereka lebih cenderung untuk tetap belajar di rumah.

Hasil evaluasi akan di adakan bulan september 2020. Pada saat evaluasi sekolah akan mengundang keterwakilan orang tua untuk memberikan evalusitif  ketika belajar di rumah dan setelah diadakan uji coba tatap muka. Hasilnya akan dilaporkan ke Dinas Pendidikan Kabupaten Toraja Utara Sulawesi Selatan untuk mendapatkan tindak lanjut berupa izin pembelajaran di sekolah bila kebijakan itu dianggap layak dan tepat.

Sebenarnya, para orang tua lebih banyak yang mendukung kebijakan pemerintah untuk belajar di sekolah,oleh karena mereka kewalahan dalam pembelian kuota atau data.Mereka rasanya lebih nyaman sebagai orang tua bila anaknya berada di sekolah belajar walau masa pandemi ini.Dalam era new normal ini yang penting sekolah menerapkan protokol kesehatan yang baik.

Akhirnya, sebelum mereka pulang ke rumah tetap diingatkan agar orang tua mereka memberi contoh untuk selalu memakai masker, Dan berkolaborasi dan kolektif dengan pihak sekolah untuk sama sama tetap menghimbau dan mendampingi anak-anak belajar baik di rumah pun di sekolah.

Harapan kita bersama mudah-mudahan periset segera menemukan antivirus ini. Dengan antivirus Corona (Covid 19) ini  akan  ada upaya imunisasi massal, yang akan menolong agar ada kekebalan tubuh terhadap penyakit ini...

Sopai, 10  Agustus 2020


Salam Sehat, Jaga Imun   

 Salam Literasi


Yuliana Katindo

 

8 komentar:

  1. aamiin, semoga corona yang semakin merajalela di dunia segera berakhir dan kita bisa kembali ke sekolah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mksh.. Om Jay.. Amin.. Terima kah supportnya.. Salam sehat

      Hapus
  2. Aamiin keren smg Korona dgr berlalu shg KBM.tatap.muka bisa terlaksana

    BalasHapus
  3. Mksh.. Suppoetnya.. Pak.. Mari kita bwrdoa bersama2 semoga pandemu ini cpt bwrlalu

    BalasHapus
  4. Amin,semoga corona segera berlalu.

    BalasHapus
  5. Amin...Corona cepat lah berlalu..

    BalasHapus
  6. Mantul.. Semoga korona cpt beralu. Sdh rindu k skolh

    BalasHapus

  TUNGGU APA LAGI ????    MUMPUNG GRATIS !!!!! AYO… …..IKUT   UKBI ….        UKBI adalah Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia. Banyak ora...

ion