Jumat, 10 Juli 2020

TRIK MEMASARKAN BUKU DI SAAT PANDEMI



RESUME KULIAH  ONLINE BELAJAR MENULIS BERSAMA OMJAY


Pertemuan            : Ke-18
Hari/Tanggal        : Jumat, 10 Juli 2020

Waktu                   : 19.00-21.00 WIB

Pemateri               : Agus Subardana,S.E.,M.M.,CDS
                                Literasikangagus.blogspot.com
Tema                     : Pemasaran Buku di Saat Pandemi

Penulis                  : Yuliana Ruru Katindo,S.Pd.


Luar biasa, pertemuan malam ini, kelas menulis diisi oleh seorang pemateri yang keren, Bapak Agust.Subardana, S.E, M.M.CDS.yang membagikan ilmunya  dengan tema " Pemasaran buku di saat Pandemi".Pertemuan kali ini dimoderatori oleh Ibu yang cantik dan lincah Ibu AAM Nurhasanah.

Di awal Maret sampai pertengahan Juli 2020 bahkan sampai sekarang sangat terasa dampak adanya pandemi COVID 19 yang sudah pastinya sangat berpengaruhi pada semua lini kehidupan baik ekonomi, pendidikan,pariwisata, transportasi termasuk dalam dunia penerbitan dan penjualan buku.

Saat ini,  pemaparan materi akan difokuskan pada pemasaran buku di saat pandemi.
Dampak penjualan buku selama pandemi adalah sebagai berikut :


1. Jaringan toko pada tutup selama covid 19
2. Orang pada takut ke toko buku ,Mall, karena kita dianjurkan untuk tetap stay at home
3.Penurunan omset toko buku 70-80 %.
4. Banyak penerbit yang memberhentikan disribusi ke toko buku.
5. Beberapa penerbit gulung tikar /bangkrut.

Penjualan buku boleh disimak gambar berikut ini!


Dalam pertemuan kali ini, Penerbit Andi merasa perlu untuk bertransformasi digital. Digital marketing dipilih sebagai cara baru untuk memasarkan buku setelah masa pandemi.

Beberapa manfaat yang diperoleh  dengan digital marketing antara lain,:

    - Biaya lebih terjangkau
    -  Daya jangkauan yang luas
    - Mudah untuk menentukan target pasar buku.
    - komunikasi dengan konsumen lebih nyaman



Selain itu, penerbit harus menyesuaikan diri agar eksis dengan cara sebagai berikut:

1. Memanfaatkan secara maksimal digital marketing untuk pemasaran buku, yaitu dengan cara saling      komunikasi lewat medsos.
2. Pastikan buku-buku mudah diakses lewat online seperti shopee, buka lapak dll.
3. Melalui komunitas-komunitas akan lebih tinggi penjualannya, karena akan menghubungkan                tentang  tentang-tentang informasi-informasi buku/produk.
4. Membuat promo khusus/diskon agar konsumen tertarik.
   Sehubungan dengan sekolah-sekolah saat ini yang mau membeli buku lewat percetakan ini  (Andi) ditempuh dengan pembelian buku SIPLAH, berupa buku-buku pendamping dan alat-alat olah raga.


Luar biasa, malam ini boleh menimba ilmu dari narasumber yang sangat bermanfaat. Terkhusus dalam memasarkan buku - buku supaya cepat laku dan laris.Mana lagi mendapatkan kata -kata atau semboyan yang cukup memberikan inspirasi bagi kami pemula-pemula ini.

                                      Menulis adalah Berjuang, 
                                                Penulis adalah Pahlawan yang akan dikenan selama-lamanya.

                                      Lembaran karya adalah medan pertemuan, 
                                                Pena adalah senjatanya.

                                      Buku adalah Gudang Ilmu,
                                                 Kuncinya adalah Membaca
                                                 Membaca adalah Jendela Dunia.

                                      Semoga Bermanfaat, Salam Literasi

Yuliana Katindo,S.Pd.
Toraja Utara/Sul-Sel.
                                     

7 komentar:

  TUNGGU APA LAGI ????    MUMPUNG GRATIS !!!!! AYO… …..IKUT   UKBI ….        UKBI adalah Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia. Banyak ora...

ion