Senin, 30 Oktober 2023

Diksi dan Seni Bahasa

Pertemuan ke- 7 group KBMN malam ini, Hari Senin, 30 Oktober 2023, kembali disapa oleh seorang Ibu cantik Mutmainah,M.Pd. yang menjadi moderator pada kuliah ini.
      Adapun nara sumber adalah Ibu Maydearly alumni peserta menulis PGRI asuhan Om Jay gelombang 24 yang akan  membawakan materi Diksi dan Seni Bahasa.
     Beliau mulai menyapa peserta menulis dengan gaya bahasa yang menarik dan pilihan kata yang memikat dengan perkenalan diri.
Wow ..luar biasa materi yang sangat bagus dan keren untuk melengkapi dan menghiasi setiap goresan tangan si penulis. 
Apa itu diksi???
Ini artinya pilihan kata untuk menuliskan sesuatu dengan inspiratif.Sehingga tulisan memiliki ruh dan karakter yang kuat mampu menggetarkan atau mempermainkan pembacanya.
   Seseorang mampu menulis indah, khususnya puisi jika memiliki kekayaan yang melimpah yaitu diksi puitis.Menurut Aristoteles diksi tidak hanya diperlukan bagi penyair menulis puisi tetapi juga bagi sastrawan yang menulis prosa dengan berbagai genrenya.Menurut  William Shakespeare ahli dalam menyajikan diksi dalam naskah drama selalu menulis romantisnya dipadu tragedi bersifat realita ataupun metafora. Gaya penulisannya sangat komunikatif, tak lekang digilas zaman.
Pertanyaan menantang mampukah kita sebagai penulis pemula memiliki diksi yang memadai? Yes ...imbuhnya..dengan penuh harapan.
Beliau memberi tantangan kepada peserta untuk merangkai kata kata yang memiliki diksi yang beragam.
Kuncinya jangan takut untuk mencoba.
ini karyanya bersama Ibu Kanjeng
Luar biasa Ibu Maydearly membagi ilmunya yang sangat keren.Dan akhirnya ia meluangkan waktu untuk sharing.
Secangkir telaga ilmu yang mengudara di depan kaca.Beliau menunggu secarik surat cinta untuk di jawab oleh beliau.Rasanya malam ini  sungguh bermakna mendapat kesejukan jiwa bak disirami setetes ilmu yang menetes dari sang pemiliknya.Tetesannya merembes ke jiwa dan akan menjadi warisan yang tidak akan hilang dalam setiap kalbu yang menadahnya.Ilmu dari para maestro puisi yang melayang seakan menerobos setiap jiwa.
Sebagai kalimat motivasi dari narsum 

 Salam Literasi
Yuliana Katindo
SMP Negeri 1 Kesu

    









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  TUNGGU APA LAGI ????    MUMPUNG GRATIS !!!!! AYO… …..IKUT   UKBI ….        UKBI adalah Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia. Banyak ora...

ion