Rabu, 20 Desember 2023

Membuat Cover Buku

Tak terasa kuliah online  KBMN gelombang ke-30 memasuki pertemuan ke-30 dengan tema" Membuat Cover Buku yang Menarik." Nara sumber malam ini adalah Fajar Tri Laksana, M.Pd.
     Cover buku adalah hal yang pertama dilihat oleh pembaca buku.Oleh karena itu cover buku selayaknya dibuat semenarik mungkin agar membuat pembaca tertarik untuk membacanya.
       Mendesain suatu cover  bisa secara online dan bisa juga secara ofline.Boleh juga melalui aplikasi canva,Photoshop, maupun corel draw.
     Berikut ini ada beberapa tips untuk membuat cover buku yang menarik di antaranya:
     Pertama
Perhatikan target pembaca.Hal yang pertama diperhatikan dalam membuat cover buku adalah target pembaca. Buku yang ditujukan kepada anak- anak maka covernya harus bisa menarik untuk anak - anak seperti ada gambar anak anak tentu berbeda dengan yang dewasa.
Contoh cover buku anak- anak
      Kedua
 Representasekan isi buku.
Cover buku haruslah mewakili isi buku.Jika isi buku adalah romantis, maka cover buku harus menampilkan cover yang romantis pula.
     Ketiga 
Gunakan warna yang menarik. Warna merupakan elemen yang penting dalam desain.Warna yang menarik akan membuat buku lebih eye cathing.
     Keempat
Gunakan font yang mudah dibaca.Font yang mudah dibaca dapat membuat informasi di cover buku lebih mudah dicerna atau dipahami.
     Kelima 
Jaga keseimbangan.
Desain cover buku haruslah seimbang.Keseimbangan antara gambar dan teks akan membuat cover buku lebih enak dipandang.
    Keenam 
Cover buku novel romantis. Cover buku yang romantis biacanya covernya menampilkan orang yang berpelukan dan berciuman.
Warna yang digunakan biasanya warna -warni yang pastel lembut.
     Ketujuh 
Cover buku nivel thriller. Cover buku novel thriller akan menampulkan gambar yang menyeramkan dan menegangkan.Warna yang digunakan biasanya warna - warni gelap yang kontras.
     Kedelapan
Cover buku non fiksi.Buku non fiksi biasanya memiliki cover yang menampilkan gambar atau illustrasi yang relevan dengan isi buku.
     Kesembilan
Gunakan elemen yang unik. Elemen yang unik akan membuat cover buku lebih menonjol dari buku- buku lainnya.
     Kesepuluh
Gunakan tagline yang menarik. Tagline yang menarik akan membuat pembaca penasaran dengan isi buku.
     Dengan mengikuti langkah- langkah di atas, memungkinkan kita membuat cover buku yang menarik dan mampu menarik minat baca.

     Selamat membaca sukses selalu.

             Salam literasi
            Yuliana Katindo, S.Pd.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  TUNGGU APA LAGI ????    MUMPUNG GRATIS !!!!! AYO… …..IKUT   UKBI ….        UKBI adalah Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia. Banyak ora...

ion