Rabu, 13 Desember 2023

Menerbitkan Buku Bersama Penerbit Indhie

Pertemuan ke- 26 KBMN gelombang ke-30 Rabu, 13 Desember 2023 dengan materi"Menerbitkan Buku Semakin Mudah dengan Penerbit Indhie." 
 Nara sumber kali ini adalah Raymundus Brian dan moderator Mutmainah.
Menulis tanpa sekat dan Batas.Niatkan untuk terus berkarya lewat menulis.
Sebuah pantun 
Menenun tali menjadi rumpun
Kemanakah larinya simpul?
Jika karya sudah terkumpul
Kemanakah akhirnya terkumpul?
Karya sudah terkumpul dan tertata tentu membutuhkan wadah untuk mencetaknya jadi nyata. Selain penerbit Andi ada juga penerbit Indhie yang siap mencetak setiap karya. Nah, kali ini kita akan mempelajari bagaimana caranya bila krya kita akan diterbitkan penerbit tersebut.Yuk kita simak ya?
Penulis tidak pernah  dilahirkan, tetapi diciptakan bakat menulis tidak selalu dibawa sejak lahir tumbuh saat ada motivasi dan gagasan. Syarat jadi penulis yaitu rajin membaca dan menulis( rajin berliterasi). 
Menulis dan membaca dua hal yang merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan, aminisi seorang penulis adalah membaca.Itupun terkadang sudah rajin membaca tetapi tidak ada minat menulis solusinya ialah bacalah buku inspirasi atau bermain kw media sosial niscaya ide ide briliant akan menanti.
Profil penulis
Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd.Lahir di Jakarta, 30 Juni 1992. Beliau rajin menulis di blog pribadinya. Banyak sudah tulisannya yang dimuat di media cetak.Penulis 3buku Solodan 14 buku antologi.Sekarang jadi Relawan Pengurus di Pelatihan KBMN.
Buku adalah muara akhir dari sebuah proses penulisan.Terkadang kita terkendala di cetak buku kalau ada kumpulan karya. Nah, kali ini kita akan belajar bagaimana cara menerbitkan buku lewat penerbit Indhie.
Apa syarat dan ketentuannya?

Hal hal yang harus dipenuhi di penerbit Indhie adalah sbb:
1. Biaya penerbitan
2. Fasilitas penerbitan yang dapat ditulis
3. Batas maksimal jumlah halaman
4. Ketentuan dan biaya cetak ulang
5. Apakah dapat master PDF
6. Jumlah buku yang didapat penulis

Banyak kasus terjadi yaitu terkadang mau menerbitkan buku,  tetapi mahal dan belum tentu terbit cepat seperti yang diharapkan. 
Beliau menawarkan untuk membantu menerbitkan karya sendiri.


Penerbit Indhie sangat membantu dan siap dikawal oleh Pak Brian sampai terbit jadi buku.Biaya 400 ribu saja penulis sudah dapat 2 buku.
Kelebihan penerbit Indhie:
1. Biaya terjangjau
2. Jumlah maksimal halaman sangat banyak 280 halaman A5. Tidak ada biaya tambahan walaupun lebih halamannya
3. Penerbit ini menjual buku di tokopedia dan shopee 
Menunggu selama 3 bulan untuk dapat ISBN.

Perbedaan penerbit Andi dan Indhie adalah Penerbit Andi ( Mayor) tidak keluar biaya tetapi seleksi ketat, karena biaya di tanggung penerbit, sedangkan penerbit Indhie keluar biaya tetapi tidak sampai jutaan pasti diterbitkan.

    Closing Statement:

Ada banyak keuntungan yang didapatkan dalam KBMN angkatan ke- 30 yaitu mendapat sertifikat 64 JP dan menghasilkan buku  atau karya juga membuka peluang masa depan.Guru sebagai penulis buku akan memiliki peluang masa yang akan datang.
Ada cara mudah menerbitkan karya atau buku lewat penerbit Indhie.Jangan sia siakan waktu dan kesempatan untuk menerbitkan buku sendiri.
Mari bergandeng tangan untuk menyemarakkan literasi di negeri tercinta ini.


      Bersama kita bisa,
      Bisa menebarkan makna
       Dalam goresan karya.

            Salam literasi 
            Semoga bermanfaat.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  TUNGGU APA LAGI ????    MUMPUNG GRATIS !!!!! AYO… …..IKUT   UKBI ….        UKBI adalah Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia. Banyak ora...

ion