Rabu, 06 Desember 2023

Persiapan Challenge Menulis Buku Mayor: ChatGpt, Anatomi Buku ISBN, dan QRCBN dan Menulis, ID

Resume Pertemuan malam ini, lewat zoom Meeting dipandu oleh 3 Nara sumber :
1. Nur Dwi Yanti, M.Pd.
dengan materi" Chatgpt"
2. Hj.Sri Sugiastuti,S
    M.Pd.
dengan materi" Anatomi Buku,ISBN,QRCBN
3. Raimundus Brian Prastyawan,S.Pd.
dengan materi " Melintas, ID

Moderator oleh  Ibu Aam Nurhasanah,S.Pd.
     Materi yang pertama dari Ibu NDY memaparkan materi Chatgpt.Chagpt ialah sebuah versi dari model GPT ( Generative Pre- trained Transfor mer) yang dikembangkan oleh OpenAl.Model ini dirancang khusus untuk melakukan percakapan atau chat dengan pengguna.ChatGPT dilatih dengan menggunakan metode pembelajaran mesin yang tak diawasi menggunakan sejumlah besar data percakapan manusia.Modelini menggunakan arsitektur tranformer yang kuat untuk memahami konteks dan menghadilkan respon yang relevan dan alami.ChatGPT telah filatih untuk menjawab pertanyaan, memberikan jawaban dan penjelasan, memberikan saran  dan berinteraksi dengan pengguna dalam berbagai topik.Namun harus juga dipahami bahwa chat GPT bukanlah entitas yang memahami dan memiliki serta punya kesadaran seperti manusia, tetap ia adalah benda mati tidak mungkin akan dama persis dengan pemikiran manusia sebagai makhluk hidup.Model ini menghasilkan respon yang masih  harus dievaluasi secara kritis dan jangan dianggap kebenaran mutlak. Menurutnya, chatgpt sangat membantu kita untuk mendapatkan ide dalam menulis.Chatgpt ada yang gratis dan ada yang berbayar.Beliau mengajak peserta menulis untuk mencoba mendownloud aplikasi chatgpt dan sekaligus mencoba menggunakannya.
Wow..luar biasa keren dan ternyata sangat membantu kita.

    Materi yang kedua dari Ibu Kanjeng. Bunda ini ini memaparkan materi tentang anatomi buku, ISBN dan QRCBN.ISBN ( International Standart Book Number ) sedangkan QRCBN( Quick Response Code for Books in the Netherlands). Ini adalah dua elemen penting dalam industri penerbitan buku yang membantu dalam identifikasi dan pelacakan buku.ISBN adalah sistem  penimoran yang digunakan untuk mengidentifikasi secara unik setiap buku yang diterbitkan secara komersil. Setiap buku yang diterbitkan di dunia ini diberi nomor ISBN yang berbeda.
    Arti dan komponen dari nomor ISBN sebagai berikut:
1. Prefiks tiga digit pertama melambangkan prefiks negara atau wilayah penerbit buku itu 
2. Registrant Element : Bagian setelah prefiks adalah elemen regustran, yg menunjukkan identiifikasi unik untuk penerbit.
3. Publication element : Bagian ini mengidentifikasi spesifik buku seperti edisi, format atau versi.
4. Check Digit : Digit terakhir memastikan keakuratan ISBN.

QRCBN adalah jenis kode QR yang digunakan di Belanda untuk buku huku yang diterbitkan. QR diyempatkan disampul buku.
      Komponen QRCBN
1. Format QRCBN menggunakan format kode QR ( Quick Response) yang dapat dengan mudah dipindai menggunakan perangkat mobile.
2. Data yaitu kode QR ini terdiri dari data yang terenkripsi yang dapat memberi informasi seperti URL, nomor identifikasi, atau yang lainnya yang relevan dengan buku.
3. Desain dan penempatan : Kode QR ini ditempatkan secara strategis pada sampul buku atau halaman dalam untuk memudahkan akses dan penggunaan.
QRCBN memberi keuntungan bagi pengguna karena memungkinkan kita ke depan lebih mudah mengakses informasi tambahan atau sumber daya digital terkait buku dengan cepat dan efisiensi.

     Pemateri yang ketiga adalah Raymundus Bria Prasetyawan,S.Pd.

Beliau memaparkan materi" Bagaimana cara menulis di Melintas.ID.
     Melintas ID adalah sebuah media online yang berfokus pada pemberitaan secara online yang berfokus pada pemberitaan dan edukasi literasi di Indinesia.Melintas ( Media Literasi Nusantara Semaja) hadir dengan misi memberikan pemahaman yang baik kepada masyarakat tentang informasi mengenai seputar dunia pendidikan ,literasi dn lain lain.
   Melintas ID berkomitmen untuk menyajikan berita terkini dan terpercaya di setiap rubriknya serta mengedukasi masyarakat dengan informasi dan opini yang berguna.
     Berikut ini contoh situs yang ditawarkan dalam bentuk rubrik, al : Pendidikan, Sastra, Parenting, News, Religi, Sekolah,Olah raga dll.Tagline dari situs ini" Terkini dalam literasi dan edukasi " yang mencerminkan pada fokus dan misi dari MelintasID.
     Tim jurnalis dari Melintas ID ini berupaya untuk mengakses berita terkini dn edukasi literasi di mana dan kapan saja..

              Salam Literasi
           Salam pendidikan 
              Salam sukses
           Semoga bermanfaat 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  TUNGGU APA LAGI ????    MUMPUNG GRATIS !!!!! AYO… …..IKUT   UKBI ….        UKBI adalah Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia. Banyak ora...

ion