Rabu, 15 November 2023

Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis

Pertemuan ke-14 Group KBMN 
Gelombang ke-30 , Rabu, 15 November 2023.
 Mmmm..mau tahu trik menyusun sebuah buku? Mau dong...
Yuk kita belajar malam ini..dari Seorang nara sumber hebat yaitu Yulius Roma Patandean,S.Pd.Senang deh ..boleh berjumpa dengan teman tetangga Kabupaten.Kebetulan satu daerah ,hanya beda Kabupaten yang sebenarnya hasil pemekaran kabupaten.Beliau Kabupaten Tana Toraja, Bumi Lakipada sedangkan saya Kabupaten Toraja Utara.
" Halo..Pak, selamat malam selamat bertemu dalam group menulis KBMN malam ini."
Pertemuan malam ini dipandu oleh Ibu Lely Suryani..
Malam dingin hujan deras ,seolah olah mengantarkan untuk tidur.Namun terasa hangat..ramai..karena berkumpul bersama sahabat dalam  group KBMN yang pandai menghangatkan suasana dengan tarian jemarinya yang selalu menghadirkan rindu redam untuk bersama.

Profil nara sumber adalah sbb:
Menurut nara sumber sudah sekitar 20-an buku yang sempat dibuat. Luar biasa ya, ditengah kesibukannya, beliau masih sempat menuangkan ide yang sebenarnya tak ingin kalau ide tersebut mengendap.
Setelah diawali dengan perkenalan dan pemaparan hasil kreativitas baik tulisan di komposiana ,pun pengalaman menarik di kampung halaman.
'Nah..bagaimana sih langkah menyusun Buku secara sistematis? Secara teori sih sebenarnya tidak ada, hanya sebatas terus mencoba dan dari pengalaman " tuturnya.Menurutnya, peserta KBMN ini adalah sudah tergolong penulis karena setiap saat selalu menis baik itu lewat WA,FB, Twitter dll.Dari tulisan tulisan itu sebenarnya ada ide, yang sangat bermanfaat untuk dikumpulkan dan akhirnya jadi buku nantinya. Sang nara sumber yakin bahwa peserta menulis saat ini sudah pasti ada tulisannnya hanya malu malu untuk memunculkan karena dengan berbagai alasan seperti kurang menariklah..biasa biasalah....pusinglah....idenya dari mana dsb.
Pengalaman penulis semua tulisan bisa jadi buku.Buat rancangannya, kemudian kembangkan menjadi buku Solo , misalnya.

Nah, Berikut langkah langkah untuk menulis buku yaitu
1. Kumpulkan semua naskah yang ada, berikan judul untuk menjadi sub bab.Lalu berikan sub judul agar mudah dikembangkan.
2. Jika naskahnya sudah ada satu atau dua paragraf, tetapi mentok sederhanakan kalimatnya.Gunakan kalimat sederhana.Jangan menggunakan kalimat kompleks.
3. Setelah ada ide maka kembangkanlah ide- ide tersebut menjadi lebih panjang membentuk paragraf  atau melakukan elaborasi menggunakan contoh. Cara ini simple dan mudah dilakukan.
4. Setelah naskah siap maka lakukan pengeditan untuk mencari draf buku yang sudah dilengkapi daftar isi, halaman dan indeks, daftar pustaka dll.
Pengeditan dan penataan naskah bisa tanpa jaringan internet dengan fitur MsWord.

Nah, demikianlah trik sederhana untuk menulis sebuah buku.Teruslah menulis dengan cara masing masing. Jangan pernah tinggalkan menulis karena itu  bagian peradaban.Tinggalkan jejak bahwa kita pernah hidup dengan adanya  tulisan kita.

Sebuah pesan 

Menulislah dengan iklas dan gembira.Jangan jadikan beban.
Jadikanlah KBMN memjadi ajang menulis, Karena  KBMN, dari KBMN dan untuk KBMN.

Semoga bermanfaat 
Salam Literasi 
Toraja Utara



1 komentar:

  1. Mantap bu....dan terus berkarya untuk kemajuan pendidikan.

    BalasHapus

  TUNGGU APA LAGI ????    MUMPUNG GRATIS !!!!! AYO… …..IKUT   UKBI ….        UKBI adalah Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia. Banyak ora...

ion