Jumat, 03 November 2023

Menulis Itu Mudah

Jumat malam, 3 November 2023 Group KBMN gelombang ke-30 dengan materi" Menulis itu Mudah dan sebagai Narsum Prof.Dr.Ngainum Naim, M.H.I.moderator Mbak Sita.
      Pertemuan ke- 9 ini di awali dengan doa sebagai rasa syukur atas anugrah Sang Pencipta.
      Bagaimana sih itu menulis? Terkadang menulis itu dianggap   sebuah tantangan. Tetapi justru menurut narsum hari ini menulis itu mudah.
Bagaimana sih caranya??? Menurut beliau menulis itu jangan dijadikan tantangan, tetapi hendaknya ditundukkan.Menulis itu itu mudah bagi yang bisa dan biasa.Kuncinya niatkan. Ada beberapa kunci menulis yaitu:
1. Optimis.
     Optimis bisa mengubah kesulitan menjadi tantangan.Tantangan jangan dihindari tetapi ditundukkan.
2. Menulislah di blog.
     Mulailah menulis hal hal yang sederhana. Tidak perlu pikir yang ribet ribet dulu, jangan pusing,mulailah dengan hal yang sederhana.Blog merupakan media untuk tetap menulis ringan.
      3. Rajin mencari sumber inspirasi menulis.Jangan pasif atau menunghu ide datang.Ide harus dicari bukan dinanti.
       4. Meluangkan waktu untuk menulis.Jangan bosan untuk menggores.Tulislah ide ide yang muncul dalam benak atau yang didapatkan dalam suasana kesibukan sekalipun.
       5. Menulis tanpa beban.
Triknya ialah menulis saja, titik.Tumpahkan apa yang ada di benak kita, tidak perlu takut, stres, kuatir, resah. Memang tidak mudah untuk menulis secara bebas semacam ini.Butuh proses latihan, dan perjuangan secara terus menerus. Tetapi kalau dilakukan konsisten tidak ada yang tidak mungkin.Jangan jadikan beban.Menulis tanpa beban merupakan formula yang bisa dipilih agar menghasilkan tulisan yang lebih baik.
    Apabila menulis di blog terus dibagikan lantas tidak ada komentar itupun kita tidak perlu kecewa. Menulislah dengan iklas.Jangan dengan ada embel embelnya.Tetap optimis dan jangan dijadikan beban.
   Menurut Profesor Naim adalah lima manfaat konsisten menulis yaitu Menjaga spirit menulis, merawat ide, menulis bertahap, melatih disiplin dan berbagi inspirasi.
     Kesimpulannya adalah
Kunci menulis adalah niat.Rajin membaca dan rajin tuangkan ide itu bila muncul.Jangan ditunda.Dengan rajin membaca akan menambah kepekaan lalu menjalani proses menulis.Tetap semangat dan yakin ada manfaat dari apa yang kita lakuan.
     Menulislah dengan iklas, karena bisa memberikan berkah dalam hidup.Semangat.

   Semoga bermanfaat
Kesu, 3 November 2023
Yuliana Katindo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  TUNGGU APA LAGI ????    MUMPUNG GRATIS !!!!! AYO… …..IKUT   UKBI ….        UKBI adalah Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia. Banyak ora...

ion