Rabu, 29 November 2023

Blog Sebagai Media Dokumentasi Refleksi Diri Siswa

Wow..luar biasa malam ini 
Pertemuan group KBMN dengan gelombang ke-30,
Pertemuan ke-19 dengan  Materi " Blog Sebagai Media Dokumentasi Refleksi Diri Siswa dengan Bapak Nara Sumber Bambang Purwanto, S.Kom., Gr., CPS., CPPS., C.Ed., MEP. dan sebagai moderator Ahmad Sholeh, S.Pd.,Gr.
Bapak ini biasa di panggil Mr. Bams.
      Materi yang sangat menarik dan bermanfaat. Seiring dengan berjalannya waktu dengan teknologi digitalisasi yang semakin berkembang, maka banyak juga media yang digunakan untuk beragam kebutuhan.Salah satunya adalah media Blog.
      Nah,  apa itu blog? Blog singkatan dari Weblog sejenis situs web yang menyerupai tulisan-  tulisan pada halaman web.Biasanya digunakan untuk menulis beragam tema, promosi dan lain lain.
    Langkah - Langkah yabg harus diperhatikan dan memanfaatkan  Blog sebagai media refleksi siswa adalah sebagai berikut:
 Guru dan siswa harus paham dan tahu bahwa blog adalah sebuah media yang cocok untuk berefleksi, oleh karena itu siswa harus dipandu untuk membuat web blog atau dioptimalkan penggunaannya sebagai refleksi siswa.
     Mr. Bams sebagai guru informatika lebih mengoptimalkan dalam proses pembelajaran. Di setiap akhir pembelajaran  siswa diajar untuk berefleksi. 
Tujuannya agar siswa dapat menyampaikan apa yang dirasakan dan memberikan masukan kepada gurunya.
Dalam proses pembelajaran Mr.Bams menyiapkan tampilan untuk memudahkan setiap siswa perkelas dalam mengakses pembelajaran.
Caranya adalah 
1. Klik tanda bintang yang pertama
2. Klik menu pembelajaran  dan tahun ajaran yang sementara berlangsung.
3. Klik banner setiap tahun yang bertuliskan informatika.
Refleksi diri siswa boleh ditampulkan dengan link.
Link itu adalah 
https:/ penammrbams.id./ poin-refleksi- diri- kelas -8a- smp- taruna- bakti- bandung-semester- genap- 2023-2024/
Proses refleksi ini membantu guru untuk mengetahui sejauh mana materi yang sudah dipahami siswa dan membanru guru walaupun guru tidak ada dalam kelas dan bisa mengetahui jalannya proses pembelajaran.
Terakhir membantu guru untuk memberikan feedback pembelajaran.

Kesimpulan
Blog bisa digunakan sebagai media komunikatif bagi guru dan siswa dan dapat menciptakan suasana pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan.





    
    




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  TUNGGU APA LAGI ????    MUMPUNG GRATIS !!!!! AYO… …..IKUT   UKBI ….        UKBI adalah Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia. Banyak ora...

ion