Rabu, 29 November 2023

Motivasi Menulis dan Menerbitkan Buku

Pertemuan ke-20 group KBMN gelombang ke-30 
Rabu,29 November 2023. 
Malam ini dengan Materi " Motivasi Menulis dan Menerbitkan Buku" oleh Dail Maruf, M.Pd. atau biasa di sapa Pak Damar dan moderator Sim Chung Wei biasa disapa Koko Sim.
Manusia yang berperadaban dan ingin terus maju maka menulislah pilihannya.
Ingat manusia masuk pada pada fase sejarah dimulai dengan menulis.Itu dimulai dengan adanya tulisan.Jadi siapapun yang ingin masuk peradaban maka mulailah menulis.
Buatlah motto
" Aku menulis maka aku ada dan aku abadi selamanya.

Ada lima motivasi menulis yaitu 
1. Dalam ajaran Islam Tuhan menurunkan wahyu pertamanya memerintahkan untuk membaca.Sang Pencipta membuat aturan bahwa kalau kita ingin maju dan sesuai apa yang dibuat acuannya oleh Tuhan .maka dua hal yang harus diperhatikan yaitu menulis dan membaca.
2. Dari berbagai literatur kita memahami bahwa buku adalah gudang ilmu dan membaca adalah kuncinya .Untuk banyak ilmu maka rajinlah membaca.
3. Dari awal rajin membaca mis dari SD sampai SMA maka pasti  banyak ilmu yang didapatkan dari proses tersebut.Menulis adalah modal untuk mensave ilmu pengetahuan.
4. Dengan rajin menulis setiap hari maka saya membuktikan bahwa banyak keajaiban yang terjadi.
5. Menulis membuat banyak pahala.Karena tulisan itu mem bagi kebaikan lalu orang baca maka mereka tertular kebaikan itu, jadi berlipat pahala.
Lalu bagaimana menerbitkan buku?
Ada 3 alasan mengapa kita harus menerbitkan buku yaitu
1. Buku adalah mahkota bagi penulisnya. Artinya kita sudah sejajar dengan raja atau ilmuwan yang mempunyai karya buku.
2. Hanya dengan karya atau buku maka nama kita jadi abadi.Biar daging kita sudah hancur tetapi tulisan kita masih abadi di dunia.
3. Dengan adanya buku yang terbit maka finansial kita bertambah.
Resep untuk tetap semangat menulis dan untuk menarik orang lain rajin memberi komentar pada tulisan kita adalah
1. Rajin membaca artikel teman dan beri komentar.
2. Tulus saja beri komentar.Jangan ada dalam hati untuk mengharap balasannya.
3. Perbaiki terus tulisan kita.Gunakan bahasa yang mudah dipahami dan isinya berbobot ada pesan yang boleh didapatkan pembacanya.
     Luar biasa ilmu yang boleh didapatkan malam ini.Beliau memotivasi peserta agar mulai menerbit buku Solo dari 20 resume ini dengan Judul" Mimpiku Jadi Penulis Terwujud  Setelah 20 Hari" .Yes ..luar biasa.

Kesimpulan 

     Menulis adalah sebuah wadah untuk mensave ilmu.
Tulisan adalah bukti bahwa kita pernah hidup di dunia.Betapa pentingnya menulis itu, oleh karena itu mulailah menulis dari sekarang.Caranya mulai menulis dari apa yang kita lihat,dengan  dan rasakan atau alami.Statement closing dari Narsum sebagai kalimat motivasi adalah Jaga kesehatan dan teruslah menulis karena tulisan kita akan jadi saksi dalam mahkamah akhirat bahwa kita pernah menebar ilmu dan kebaikan.


               Salam Literasi
             Semoga bermanfaat








6 komentar:

  TUNGGU APA LAGI ????    MUMPUNG GRATIS !!!!! AYO… …..IKUT   UKBI ….        UKBI adalah Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia. Banyak ora...

ion