Senin, 22 Juni 2020

KULIAH ONLINE BELAJAR MENULIS


Senin,22 Juni 2020

Tugas Belajar Menulis 

Nara Sumber   : Agus Sampurno

Penulis            : Yuliana Ruru Katindo,S.Pd.

Toraja Utara,Sul-Sel

Gelombang     : 12



              
      Terus terang saya cukup terkejut, oleh karena  pertemuan saat ini agak berbeda dengan pertemuan sebelumnya di kuliah online,Senin 22 Juni 2020.  Nara sumber langsung memberikan tugas untuk mulai menulis dengan judul yang disiapkan sendiri. Saya mencoba untuk mulai menelusuri judul yang diberikan oleh nara sumber. Saya mencoba menulis dengan judul 

                               " Tiga Cara Mudah Guru Memberikan Contoh Kedisipilnan " 

Disiplin merupakan suatu kondisi yang terbentuk dari proses dan serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai ketaatan, kepatuhan, dan ketertiban. Kedisiplinan siswa memegang peran penting terhadap kemanjuan suatu sekolah,karena kondisi sekolah yang tertib akan menciptakan proses pembelajaran yang  baik.Kelancaran proses pembelajaran di sekolah tidak terlepas dari tata tertib yang ditetapkan sekolah tersebut.Dengan menaati tata tertib di sekolah diharapkan akan tercipta lingkungan belajar yang nyaman dan kondusif di dalam kelas.

   Pentingnya sikap disiplin akan mengajarkan hal-hal sebagai berikut:

         1. Rasa hormat terhadap suatu otoritas. Sikap disiplin akan mengajarkan siswa untuk  memahami kedudukan baik di dalam maupun di luar kelas. Contoh : kedudukan siswa menghormati guru,dan kepala sekolah.
          2. Upaya menanamkan kerja sama. Sikap disiplin dapat dijadikan sarana untuk menanamkan sikap kerja sama  antar siswa yang satu dengan siswa yang lain, guru, dan lingkungannya.
           3. Menghormati hak dan kewajiban. dengan bersikap disiplin siswa menyadari hak dan kewajibannya.Contoh : siswa patuh melaksanakan tugas-tugas yang di berikan seperti menyapu, mengepel,membayar iuran dan baru mendapatkan hak yaitu belajar.

    Nah, setelah siswa tahu apa itu kediplinan dan bagaimana cara menerapkan kedisiplian,maka yang akan dituntut adalah realisasinya. Apakah tata tertib atau aturan yang telah dikeluarkan atau disepakati di sekolah tersebut betul-betul dijalankan atau hanya sebatas wacana saja.Persoalannya sekarang ialah bagaimana caranya sehingga apa yang disepakakati atau ditetapkan itu betul-betul dilaksanakan? Itu tergantung dari komitmen kita bersama. Komitmen antara guru dengan siswa dan sebaliknya, bahkan dengan lingkungannya.

   Adapun upaya -upaya atau cara-cara yang praktis agar tata tertib itu dilaksanakan adalah sebagai berikut : 

       1. Guru hendaknya menjadi contoh. Guru berasal dari kata "GuGu dan Tiru .artinya harus menjadi teladan. Apa yang disepakati harus guru yang melakukan terlebih dahulu baru dilihat oleh siswa. Contoh  datang tepat waktu atau tidak boleh terlambat.Agak janggal kalau guru yang memerintahkan baru guru yang sering datang terlambat.Guru menghendaki sikap disiplin. Maka guru yang harus memulai.
        2. Memberlakukan tata tertib jelas dan tegas. Sikap disiplin akan terwujud ketika ada peraturan yang jelas dan tegas. Sebaiknya guru menjelaskan aturan tersebut beserta konsikuensinya.yang harus diterima bila melanggar.
        3. Membantu siswa untuk mengembangkan pola perilaku pada dirinya. Setiap siswa memiliki karateristik yang berbeda beda dan berasal dari latar belakang keluarga yang berbeda pula.Guru sebaiknya memahami keadaan tersebut dan melayani berbagai kebutuhan yang berbeda pula . Contohnya  ada siswa yang IQ-nya tinggi dan ada juga yang hanya standar. Hal itu harus diantisipasi oleh guru dan berusaha memahami kondisi tersebut.

     Di era generasi Z ini sudah semakin rumit untuk menerapkan kedisiplian kepada siswa. Oleh karena anak-anak sekarang sudah banyak yang mempengaruhi kehidupan mereka yang menyebabkan siswa tersebut seolah-olah tidak mau lagi mendengar  apa kata gurunya. Terlebih zaman sekarang zaman yang sudah canggih oleh alat teknologi. Anak lebih cenderung untuk bermain dengan gadget ketimbang mau melakukan apa yang menjadi kewajibannya. Oleh karena itu, kuncinya ada di guru dan orang tua bagaimana menghadapi kondisi anak-anak kita yang hidup di zaman ini. Kita harus pintar-pintar menyesuaikan diri dan tergantung bagaimana  cara kita untuk mengarahkan anak-anak yang hidup di  generasi Z ini.


Kesimpulan  :  _Untuk mencapai keberhasilan maka perlu kedisiplinan
                        _ Kedisiplinan itu untuk kita semua bukan hanya untuk anak-anak didik
                        _ Guru harus menjadi contoh di sekolah
                        _ Kedisiplinan itu di mulai dari diri sendiri

Demikianlah beberapa cara mudah guru dalam  menerapkan atau memberikan contoh kedisiplinan bagi siswa.


                          Ayo... Marilah kita menjaga kedisiplinan 
                                                       supaya kita boleh meraih kesuksesan

    Semoga bermanfaat bagi siap saja yang membaca artikel ini.


Salam Menulis 

selamat Membaca

7 komentar:

  TUNGGU APA LAGI ????    MUMPUNG GRATIS !!!!! AYO… …..IKUT   UKBI ….        UKBI adalah Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia. Banyak ora...

ion