Selasa, 16 Juni 2020

Rahasia Sukses di Balik Kisah Sang Blogger yang Inspiratif




Hari/Tanggal       : Jumat, 12 Juni 2020
Pukul 19.00-21.00 WIB
Pemateri : Bambang Purwanto
Materi   : Kisah Guru Ngeblog di Wordpress

Pertemuan kali ini diawali  dengan sapaan dari Sang Nara Sumber yang begitu akrab dengan audiens memberi motivasi dan support kepada para penulis yang bergabung dalam Grup Menulis ini. Beliau bangga dan mengapresiasi keberadaan peserta penulis dengan usaha dan minat untuk mau memulai menulis. Beliaupun bangga dan merasa berterima kasih kepada OMJay dan Ibu Sang Ratu Moderator Ibu Fatimah,S.S..Luar biasa, semangat  dan support yang diberikan membuat kita sebagai penulis lebih bersemangat lagi,walaupun awalnya agak mulai kendor.Beliau mengatakan bahwa sempat merasa tersanjung, tertantang kepada pemirsa.Sungguh, menurut beliau hal positif yang dirasakan ialah merasa tertantang untuk bisa mengisi blognya setiap hari.

Apa Rahasia sukses dibalik blogger yang terkenal? Menjawab pertanyaan itu tentu susah-susah gampang. Sebab setiap blogger memilki jurus pamungkasnya masing-masing untuk menarik minat pembacanya.

Beliau memulai materi dengan perkenalan diri.

Profil
Nama Lengkap        : Bambang Purwanto, S.Kom,Gr.
Nama Panggilan      : Abang ( Nama panggilan di rumah)
                                   Ayah Salwa   ( Panggilan sebagai pendongeng)
                                   Mr. Bams   ( Panggilan di Sekolah SMP Taruna Bakti
TTL                         : Bandung, 06 April 1974
Pekerjaan                 : Guru Tetap SMP Taruna Bakti
Alamat rumah          : Perumahan Lebak Wangi,Asri, RT 04 Rw 13, Kec. Bandung 
No. HP                     : 088809405468

Saya dilahirkan sebagai orang yang kurang berani.Perjalanan  panjangnya menjadi seorang guru berawal ketika Mr. Bams menjelang lulus ujian SMA 1992. Ketika Mr.Bams berkunjung ke daerah Ledeng Bandung (tempat IKIP ),tetapi takdir berkata lain tidak berhasil masuk di Perguruan Tinggi tersebut.
  

Beliau tidak putus asa, langsung ikut kursus Komputer sambil bekerja di tempat kesultanan.Beliau menjadi tenaga administrasi.Mr.bams memulai membuat blog ketika mengajar di SMP Taruna Bakti. Pada tahun yang sama, selain menjadi guru juga membimbing ekskul dengan memakai akun multi ply.hingga pada akhirnya berpindah ke wordspress karena mutiply tdk berlaku lagi.

Riwayat pekerjaan beliau adalah :
  - 1992-2000    : Konsultan
  - 2001-2004    : Kemfood (Milik Bob Sadino)
  - 2004-2008    : Pendongeng Keliling, Konsultan Pelatihan
 - 2008-sekarang: Guru SMP Taruna Bakti

Alasan Mr. Bams ngeblog, karena senang dengan dunia menulis.Sejak tahun 2003 ikut kegiatan mendongeng,2011 membuat Taman Baca di rumah sendiri. Beliau merasakan bahwa sebagai seorang guru mempunyai tantangan luar biasa,yaitu menulis. Jadikanlah menulis sebagai bagian dari keterampilan yang diperlihatkan.Caranya dengan menulis di blog,mengirimkan tulisan ke media cetak(Koran,majalah,media online), kemudian membuat buku.Buatlah blog yang dikelola sepenuh hati,tidak hanya memenuhi target,akan tetapi tumbuh kembangkan blog,sehngga bisa menjadi cerminan pribadi pemiliknya.Berbagilah kebaikan dengan cara apapun,termasuk media blog.Beliau menyadari bahwa setipa orang mempunyai potensi yang harus digali dan dikembangkan.Banyak orang yang sebenarnya mempunyai potensi menulis tetapi malas melakukannya.Hidup ini akan menjadi bahagia,karena bahagia diciptakan setiap saat.Buatlah tulisan agar dikenang sepanjang jaman. Inilah sesungguhnya tujuan membuat blog
Walaupun yang dialami saat ngeblog sungguh banyak kendala,tetapi tidak membuat semangatnya kendor. Beberapa kendala yang di alami antara lain: 
                       - Jaringan tidak bersahabat
                       - Habis ide, solusinya ialah banyak literasi
Dalam perjalan kariernya banyak prestasi yang diraihnya,diantaranya SMP Taruna Bakti mendapat juara Literasi Kategori Utama. Beliau menjabat Ketua Tim yang dianugrahi gelar Anugrah Penggiat Literasi dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung.
Dalam situasi wabah corona ini beliau memanfaatkan waktu dengan menuai berkah. Prinsip ialah situasi ini walaupun sebagian mengatakan bahwa musibah,tetapi menurut beliau banyak hal positif yang di peroleh di dalamnya anta ra lain: awalnya kita tidak pernah menggunakan IT karena malas dan bermasa bodoh tdak mau belajar ,sekarang harus karena dibutuhkan, belajar sekarang dari rumah yang pasti bisa berkumpul dengan keluarga, ujian nasional dihapuskan yang sejak dahulu diangan-angankan,situasipun pun banyak menggunakan untuk ngeblog.Bukankah ini adalah berkah?

Wow,luar biasa bukan hanya membagikan ilmu tetapi di akhir sesi memberikan kesempatan kepada audiens, untuk sharing .Beliau  dengan ramah, sapaan yang menarik  dan sabarnya menjawab satu persatu dengan sangat memuaskan Yang lebih istimewa lagi ada satu semboyan yang di bagikan Mario Teduh "Mari, Ayo Tenang Dalam Urusan Hidup"

Kesimpulan:
 Pemateri banyak memberi motivasi  : - Mulai menulis apa yang diinginkan 
                                                              - Menulislah dengan apa yang bisa ditulis,(apa yang dilihat,
                                                                dikatakan,dialami. jangan menulis apa yang tidak bisa dilaku
                                                                kan.
                                                              - Berdamailah dengan diri sendiri
                                                            - Merasalah tertantang, jangan hanya menunggu untuk menulis

                                                          Mahir Bisa Dilatih, 
                                         Yang bisa latihan hanya orang yang mau latihan


Terimah Kasih..Bapak Mr. Bams....
Salam Super....Mario Teduh.....Salam Literasi!

Yuliana Katindo, Toraja Utara, Sul-Sel

Gelombang 12

8 komentar:

  1. Maksh Ibu..mhn kritik dan sarannya...Salam Kenal

    BalasHapus
  2. Saya suka pembuka dan penutupnya. Mantap

    BalasHapus
  3. Super lengkap pak... Semoga motivasinya tetap dihati kita tuk menyemangati... Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimak ksh Ibu...motivasinya..say Ibu bukan Bapak...salam kenal

      Hapus
  4. Balasan
    1. terima kasih...supportnya sama sama suksess...sy baru pemula Pak

      Hapus

  TUNGGU APA LAGI ????    MUMPUNG GRATIS !!!!! AYO… …..IKUT   UKBI ….        UKBI adalah Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia. Banyak ora...

ion