Kamis, 11 Juni 2020

Belajar dari Sang Guru Agung

Jumat, 12 Juni 2020
Resume kuliah online bersama Sang Guru Agung

Salam kenal, salam belajar dari Sang Guru Agung..Ada pepatah mengatakan karena tak kenal maka tak sayang.Beliau menyapa kami semua dengan ucapan Semangat dan Merdeka Belajar.Bapak Agung yang biasa disapa Guru Agung ini akan menjadi pemateri pada kuliah online pertemuan ke-5 Kamis, 11 Juni 2020. Beliau adalah   Sang Guru Agung yang pernah mengecap pendidikan di  S1 Jurusan Pendidikan Sejarah lulusan UNJ,lalu melanjutkan kuliah S2 di Jurusan Manajemen Pendidikan lulusan UIN Syarif Hidayatulloh di Jakarta.
Pengalaman beliau di bidang pendidikan di mulai menjadi guru tutor dan korektor buku pada mata pelajaran Sejarah dan IPS di beberapa lembaga sekolah PKKBM dan bimbingan belajar. Jabatan beliau sekarang sebagai General Manager Sekolah Kepimpinan Bangsa.  Dompet Dhuafa programnya Sekolah Guru Indonesia (SGI) yang digelutinya bersama dengan rekan-rekannya.sejak tahun 2009. Dengan pandangan yang berbeda beliau menyampaikan urusan penulisan dan penerbitan di bidang pendidikan dan keguruan.

Berdasarkan pengalaman kami bekerja di lembaga tersebut kami terbiasa mengajak guru-guru yang mengabdi di pelosok-pelosok untuk menulis dan berkarya. Walaupun ditengah keterbatasan kondisi geografis,budaya,kegiatan inipun terkadang menemui kendala-kendala antara lain:
1. Gaya Bahasa. Ada beberapa istilah Bahasa Indonesia yang dimaknai secara berbeda disetiap daerah
2. Penggunaan komputer. Masih banyak yang belum mengenal MS Office
3. Ejaan Yang Disempurnakan ( Banyak yang masih di pengaruhi bahasa daerahnya masing-masing)
4. Listrik. Penerangan pun terbatas dan ada daerah yang listriknya hanya menyala dalam malam hari. Bagaimana  cara mengatasi kendala-kendala tersebut?. Dengan sabar para konsultan dan guru-guru melakukan pendampingan dan bimbingan selama kurang lebih satu tahun. Dan ini bukan pekerjaan mudah.Walaupun dengan demikian, antusias dari para guru guru di pelosok sangatlah besar sehingga boleh juga menulis dan berkarya.Outputnya bukan hanya buku, tetapi bisa juga jurnal,PTK puisi dan lain-lain.  Dua buku yang banyak bercerita tentang pengalaman para guru-guru muda yang mengajar hingga ke pelosok negeri.

Setiap malam mereka menuliskan pengalaman di siang hari.Modelnya pun bermacam-macam.ada yang curhat, ada yang membahas teori pendidikan bahkan kepemimpinan.Mirip sekali dengan kebiasaan OMJay.Semangat mereka luar biasa,apalagi tetap didampingi oleh penulis-penulis yang senior dan cukup berpengalaman.Ini adalah salah satu pengalaman yang diambil Sang guru agung dari pengajar-pengajar yang ada di pelosok yang semakin menginspirasi sang guru agung untuk terus berkarya.

Perjalanan karier Sang guru agung begitu luar biasa. dari tahun ke tahun selalu meningkat.Tulisan dan artikelnyapun terus mengalir.Tidak hanya itu beliaupun selalu hadir dalam seminar-seminar yang sudah pasti memberikan ilmu yang berguna bagi orang lain.Beliau menyampaikan materi berdasarkan pengalamannya selama berkarya   lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa khususnya di lembaga pendidikan Insani yang khusus menangani pendidikan.

Karya -karya dari Sang Guru Agung 
yang cukup inspiratif   di antaranya: 
    1.Temani Aku Meniup Mimpi


    2. Murid Pasif Pangkal guru Kreatif
    3.Kelana 2 musim
    4.Batu daun Cinta Teman setia Belajarku
masih banyak lagi karya-karya yang lain yang cukup menarik dan sangat inspiratif. Semakin banyak rintangan membuat beliau semakin tangguh dalam berkarya.Keren....motivasi dari beliau luar bisa.

Itulah sekelumit kisah beliau dalam pemaparan materi, yang lebih luas dan mendalam dalam sesi tanya jawab.Beliau dengan sabar dan santai menjawab semua pertanyaan yang sudah pasti si penyanya puas dengan jawaban beliau. 

Kesimpulan dari materi yang dipaparkan:
1. Merangkai kata dalam menulis, bukanlah pekerjaan mudah. kita mesti harus sabar dan tekun
2.Membaca adalah fondasi hidup
3. Selalu ingin tahu dan berlatih atau mencoba
4. Cobalah menulis mulai dari apa yang dipikirkan, dilakukan, dan yang sering dikatakan.
5. Cobalah membuat goresan yang menjadi bukti bahwa kita pernah terlahir dan hidup
6.Sebagai penulis kita harus memilki karakter DJTIS ( Disiplin,Jujur,Tekun,Inovatif,Santun)
7. Mengabdi di pelosok tidak menjadi kendala untuk terus maju yang penting ada kemauan pasti bisa.

Terimakasih kepada sang Guru Agung yang sudah membagi limu,juga kepada ibu moderator yang cantik dan lincah, Ibu Aam Nurhasanah.

Sukses Selalu, Maju Bersama, Belajar Bersama

Yuliana Katindo, Guru SMP Neg.2 Sopai,Toraja Utara, Sul-Sel





2 komentar:

  TUNGGU APA LAGI ????    MUMPUNG GRATIS !!!!! AYO… …..IKUT   UKBI ….        UKBI adalah Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia. Banyak ora...

ion