Kamis, 04 Juni 2020

Resume, kuliah Online 03 Juni 2020

Menerbitkan Buku dari Hasil Penelitian tindakan Kelas
Yuliana R. Katindo
Toraja Utara,Sul-sel


Kuliah Online,'Belajar Menulis dengan tema'
 " Menerbitkan Buku dari Hasil Penelitian Tindakan Kelas"
     Luar biasa, kuliah online yang diselenggarakan dari pukul 19.00-21.00 WIB yang dipandu oleh Ibu fatimah dan nara sumber Ibu Hati Nurahaya,S.Pd. dengan tema " Belajar Menulis Buku dari PTK"
   Setiap guru yang akan naik pangkat membuat PTK.Memang membuat PTK itu, susah-susah gampang dalam menentukan dan menyusun latar belakang yang akan menjadi titik awal yang akan menentukan isi selanjutnya.
   Pada kesempatan ini, Ibu hati mendorong para guru yang sudah membuat PTK untuk melanjutkan dengan membuatkan bukunya.Terus terang masih banyak guru, termasuk saya yang masih bingung dan tidak mampu untuk meneruskan PTK menjadi buku..Tetapi lewat penjelasan dan motivasi serta hasil jawaban dari teman-teman lewat sharing dalam pertanyaan di WA semakin mendorong kita untuk segera beraksi.
   
   Dalam membuat PTK harus menggunakan bahasa yang komunikatif,jangan melebar dan tetap disesuaikan dengan judul PTK.Ada beberapa cara membuat PTK menjadi buku yaitu : 1. Mengubah Judul PTK,2. Membuat kata pengantar,3.membuat daftar isi,4.Membagi bagian-bagian buku. Dalam mengubah PTK menjadi buku penulis harus memperbayak isi materi variabel bebas dari kata kunci judul buku atau memperluas isi bacaan. berdasarkan sumber yang relevan.

Kesimpulan : PTK lebih berguna atau bermanfaat ganda jika dibuat menjadi buku agar berguna bagi orang lain.






8 komentar:

  TUNGGU APA LAGI ????    MUMPUNG GRATIS !!!!! AYO… …..IKUT   UKBI ….        UKBI adalah Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia. Banyak ora...

ion