Kamis, 02 November 2023

Komitmen Menulis di Blog

Pertemuan ke- 8 Kuliah online melalui Group KBMN gelombang ke- 30 
Rabu, 01 November 2023 kali ini dengan tema" Komitmen Menulis di Blog" dengan narsum Drs. Dedi Dwitagama , M.Si dan moderator Bpk.Sim Chung Wei, S.P.
     Kali ini pertemuan melalui Zoom tidak seperti biasanya.
Temanya adalah" Komitmen Menulis di Blog"
      Sang moderator memulai dengan berpantun untuk menghangatkan suasana.
      Sang nara sumber memberi pertanyaan pemantik.
Apa itu komitmen?
Bagaimana cara berkomitmen ngeblog???
     Komitmen adalah sebuah sikap setia atau bertanggung jawab pada diri sendiri, organisasi, dan berbagai hal tertentu.Boleh juga diartikan janji untuk melakukan sesuatu.
Lalu, bagaimana cara kita berkomitmen tetap ngeblog??
     Nah, cara untuk tetap komitmen menulis adalah sbb:
1. Bersikap disiplin.Kalau ada ide segera tulis.Jangan ditunda tunda.segeralah menulis ide apapun.Jangan tunggu nanti ide bagus dan sempurna baru di bagikan. Tulislah ide lepas dari ada tidaknya respon, apa nggak?? Kalau ide muncul segera tulis, tulis, nulis.Tetapi, terkadang ada masa kita dilanda yang namanya kejenuhan atau kebosanan untuk memilih artikel. Bahkan tak ada ide sama sekali.
2. Buat aja blog gado- gado( nulis,ya nulis aja, jangan mikir mikir yang lain dulu.Artikel dalam blog gado gado lumayan bebas dan terserah anda sendiri, tidak perlu ribet mikirkan artikel, cukup ada ide langsung tulis, entah dapat di perjalanan, tempat kerja .Nggak usah  mikir ide bagus apa nggak. "Lebih baik mengembangkan kemampuan di blog bersama dengan alasan mengembangkan blog pribadi agar bagus dan banyak peminat atau pembaca, "Tutur sang Nara sumber
3. Blog Walking.
      Terkadang buntu menulis.Kehabisan ide, makanya sebaiknya kita bebas walking untuk mendapatkan ide dan gaya bahasa pun diksi.Cara ini sangat bagus untuk mendapatkan juga komentar atau respon sebaliknya.
4.  Menemukan sumber motivasi dan inspirasi untuk tetap semangat menulis.
Sang nara sumber lebih banyak memberi waktu kepada peserta untuk sharing dan diskusi.Luar biasa banyak para penulis hebat yang mau berbagi dan saling melengkapi.

     Kesimpulan : Jangan sampai mengeluh, sebelum menulis.Tulis dan tulis aja..ide yang muncul itu entah didapat  jalanan,di rumah dan di tempat kerja.Jangan sampai kehabisan ide.Ada masa kita akan dicari oleh karena tulisan kita.Tinggalkan jejak bahwa kita pernah hidup.

        Semoga bermanfaat
        Selamat ber hari Rabu.
                Salam Literasi.

   

3 komentar:

  TUNGGU APA LAGI ????    MUMPUNG GRATIS !!!!! AYO… …..IKUT   UKBI ….        UKBI adalah Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia. Banyak ora...

ion